radhite

Naqsh-i-Rustam, Tebing yang Disulap Menjadi Istana Oleh Kaisar Persia

Di sebelah utara dari kota kuno Persepolis di Iran terdapat sebuah tebing yang indah bernama Naqsh-i-Rustam. Pembangunan tebing sangat menakjubkan, sungguh mengherankan di jaman yang begitu kuno peradabannya, manusia sudah bisa membuat arsitektur bangu…

Di sebelah utara dari kota kuno Persepolis di Iran terdapat sebuah tebing yang indah bernama Naqsh-i-Rustam. Pembangunan tebing sangat menakjubkan, sungguh mengherankan di jaman yang begitu kuno peradabannya, manusia sudah bisa membuat arsitektur bangunan seindah itu.


Istana tebing ini memiliki pintu besar untuk masuk di dinding tebing. Total ada 4 pintu masuk raksasa yang juga dikenal sebagai Persilangan Persia.

Ukiran-ukiran di dinding ini dibuat dengan sedemikian detil dan sempurna. Di dalam pintu masuk Anda akan menemukan sebuah "camber" kecil di mana raja akan berada di sarkofagus, tapi sekarang sudah kosong.

Tebing-tebing ini juga dikenal sebagai milik Kekaisaran Persia zaman penguasa mulai dari Xerxes, Darius dan Cyrus.


















Di luar juga memiliki relief ukiran berbentuk orang dan kuda, dan prasasti tertua Iran yang pernah tercatat juga dapat ditemukan di sana.

Ini daya tarik wisata dan cara yang baik untuk mengenal sejarah dan budaya Persia tua. Sesuatu yang dapat mengingatkan kita pada Kekaisaran Persia ini adalah Kota Gua yang indah di Georgia yang sebenarnya adalah sebuah biara.














Sumber :
ubaesorso.blogspot.com